Friday, August 29, 2014

Manfaat dan Khasiat Tanaman Ginseng

Ketemu lagi deh kita hari ini… hehhehe
Saat ini saya mau membahas tentang manfaat atau khasiat dari Ginseng.

Tentunya kita sudah pernah mendengar tentang Ginseng yang sangat terkenal dan berasal Korea serta telah diteliti atau dipelajari oleh para ahli. Hasil penelitian telah membuktikan bahwa tanaman ini dapat diadikan ramuan yang berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah serta meningkatkan daya ingat. Ramuan berbahan tanaman ini juga dapat mengurangi kolesterol. Selain itu, ginseng digunakan dalam kasus mengobati jantung lemah dan syok, membuat paru-paru lebih kuat dan meredakan stres. Tanaman ini memiliki sangat banyak manfaat kesehatan terutama untuk memaksimalkan fungsi tubuh.

Ginseng ini sudah sangat lama dikenal dan dimanfaatkan nenek moyang untuk kesehatan dan pengobatan, seperti di Cina daratan, ginseng dimanfaatkan dalam pembuatan teh herbal, sedangkan di Negara kita sendiri ginseng acapkali digunakan untuk pengobatan tradisional, karena itu pula sehingga ginseng lebih sering disebut sebagai ramuan ajaib untuk kesehatan. Karena ginseng mengandung zat bioaktif seperti phytosterols, polyacetylenes, polysaccharides, saponins, peptides, asam lemak, vitamin, dan mineral.




tanaman_ginseng_untuk_kesehatan

Beberapa manfaat dari ginseng yang luar biasa untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

  • Menurunkan berat badan,
    Menurut beberapa penelitian yang dilakukan terbukti kalau ginseng sangat berkhasiat untuk mengontrol berat badan, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh anda yang ingin melakukan program diet, jadi ginseng merupakan salah satu opsi yang tepat bagi anda yang sedang memerangi obesitas.
  • Mengurangi stres mental.
    Ginseng juga bisa digunakan untuk merubah mood seseorang, antidepresan dan anti kecemasan, saat kita mengalami stres, hormon adrenal seperti adrenalin, noradrenalin serta kortisol akan meningkat sehingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan, nah, dengan memanfaatkan ginseng ini nisacaya mampu menyeimbangkan tingkat adrenalin didalam tubuh kita.
  • Pikiran dan tubuh menjadi lebih sehat.
    Saat kita mengalami kelelahan fisik dan atau psikis karena pekerjaan yang menumpuk di tempat kerja atau juga karena aktifitas lain, ginseng ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk mengembalikan stamina kita karena ginseng menyuplay energi untuk tubuh dan pikiran sehingga tubuh dan pikiran menjadi kembali segar bugar.
  • Mengontrol gula darah.
    Bagi anda yang menderita diabetes, ginseng sangat baik untuk mengontrol gula darah dalam tubuh dan juga berfungsi mencegah meningkatnya kadar gula darah, karena manfaat yang luar biasa dari ginseng dalam menurunkan kadargula darah  inilah, maka sangat dianjurkan agar para penderita diabetes untuk dapat mengkonsumsi ginseng ini secara rutin.
  • Mengatasi gangguan menstruasi.
    Bagi anda para wanita, ginseng juga dapat dikonsumsi untuk memberikan manfaat dalam mengatasi masalah kewanitaan seperti rasa sakit atau kram saat datang bulan (Menstruasi), sehingga para wanita tidak perlu lagi merasa was-was atau takut saat akan menyambut dan menjalani masa menstruasi.
  • Meningkatkan gairah seks.
    Ginseng sudah terbukti sangat Tokcer dan ampuh dalam hal meningkatkan gairah seksual manusia, selain itu juga dapat membantu mengatasi masalah yang biasa dialami oleh pria yang berkaitan dengan fungsi seksual yaitu meningkatkan libido dan juga energi.
  • Mengurangi resiko anemia.
    Ini dikarenakan kandungan Zat besi yang terkandung didalam tanaman ginseng ini sangat berperan aktif dalam memerangi anemia
  • Menurunkan kadar kolesterol.
    Ginseng juga ternyata dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh kita karena  tanaman ini mengandung ginsenocides yang sangat berperan aktif dalam penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Mencegah kanker. 
    Kandungan Ginsenocides dalam ginseng ini juga memiliki efek anti tumor selain itu dapat menginduksi kerusakan sel seperti pada sel kanker ovarium, sel kanker prostat, sel neuroblastoma dan juga sel paru-paru adenokarsinoma. Karena ginsenocides ini mempunyai karakter anti-mutagenik serta anti-karsinogenik.
Namun yang perlu jadi perhatian kita adalah selalu dapat mengetahui dan memperhatikan dosis yang benar ketika kita akan  mengkonsumsi ginseng agar dapat menghasilkan manfaat yang tepat dan maksimal, untuk hal ini, alangkah baiknya jika kita konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan terlebih dahulu sebelum kita mengkonsumsi ginseng.  Sehingga penggunaan nya bisa dilakukan secara teratur karena harus disesuaikan juga dengan usia, jenis kelamin dan juga kondisi kesehatan seseorang.

Inilah sedikit Manfaat serta Khasiat dari tanaman Ginseng yang dapat dibagikan saat ini,.. kiranya bisa bermanfaat bagi kita semua..

Salam


--------------------------------------------

Baca Juga :

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat dan Khasiat Tanaman Ginseng

1 komentar:

  1. Saya suka jahe, karena bisa menghanagatkan badan kita. Jahe juga dipakai buat sayuran juga.

    ReplyDelete