Tuesday, December 30, 2014

Penyebab dan cara mengatasi Flek Hitam Pada Wajah

Flek hitam pada wajah terjadi akibat adanya produksi melanin yang berlebihan serta tidak merata pada daerah wajah yang mudah terbakar sinar matahari seperti daerah pipi bagian atas dan tangan. Melanin adalah pygmen yang diproduksi oleh sel melanosit yaitu zat protein yang berperan menentukan warna kulit seseorang. Zat ini terdapat pada lapisan kulit paling atas ( epidermis ). produksi melanin dipicu oleh enzim tyrosinase. saat kulit terpapar sinar matahari, enzym tyrosinase menjadi aktif merangsang produksi melanin dan menumpuk di sel kulit sehingga menimbulkan flek hitam.

Flek hitam secara umum disebabkan oleh :

  1. Sinar Ultraviolet
    karena kita terkena sinar matahari secara berlebihan.
  2. Hormon
    Hormon dapat memicu munculnya flek hitam pada wajah, umumnya akibat pemakain pil kontrasepsi dan pada saat wanita sedang hamil. Hormon yang berperan disini Hormon estrogen dan hormon progesteron serta MSH
  3. Kerusakan hati. Flek dan bintik-bintik hitam pada kulit wajah bisa juga di sebabkan karena kerusakan hati. Hal ini terjadi karena tubuh kehilangan kemampuannya untuk menghilangkan racun dari sel.
  4. Obat-obatan
    Penggunaan obat tertentu juga diketahui dapat menjadi pemicu flek seperti, obat yang mengandung mesantoin, klorpromasine, sitostatik, monosiklin
  5. Jerawat.
    Bekas Jerawat atau bekas luka sering meninggalkan noda hitam pada kulit.
  6. Kosmetik
    Kosmetik juga dapat menimbulkan flek apabila kosmetik tersebut mengandung parfum dan pewarna serta bahan yang dapat memicu fotosensifitas yang mana fotosesitifitas itu sendiri terjadi pada kosmetik yang anda gunakan menjadi sensitif terhadap sinar matahari sehingga hal ini dapat memicu pigmentasi secara berlebihan pada kulit wajah.

Cara Menghilangkan Flek Hitam.

Apa solusinya dan bagaimana cara menghilangkan flek hitam pada wajah ?
Untuk mengatasi flek hitam ini sebenarnya banyak solusi alternatif yang bisa anda gunakan antara lain:
  • Mengobati flek hitam dengan biji asam dan Minyak zaitun
    Biji asam ditumbuk sampai halus dan diberi sedikit minyak zaitun yang nantinya dioleskan pada wajah.
  • Menghilangkan Flek dengan air cucian beras
    Caranya: Ambil air cucian beras kemudian diamkan agar saripatinya mengendap, nah endapan inilah yang anda ambil untuk dijadikan masker.
  • Teh
    Teh dapat menjadi alternatif anda untuk menghilangkan flek hitam karena teh mengandung antioksidant serta vitamin E yang dapat melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.
    Cara pemakaian : Rendam teh celup dengan air setengah gelas selama 1 malam, hasil air rendaman ini dioleskan pada kulit yang terdapat flek hitam sampai kering, kemudian bilas.atau bisa juga kantong teh di tempelkan diwajah sambil ditekan-tekan perlahan.
  • Lidah Buaya
    Lidah buaya dapat digunakan sebagai alternatif untuk menghilangkan flek bekas jerawat dengan cara mengoleskan getah/lendir pada daging daun lidah buaya pada wajah secara rutin saat akan mandi.
  • Kentang
    Kentang juga adalah salah satu solusi untuk menghitamkan flek dan bercak hitam pada wajah. Cara mengolah kentang untuk menghilangkan flek juga cukup mudah. Kita bisa mengiris kentang dan taruh irisan kentang pada flek di wajah atau kita bisa parut kentang untuk di jadikan masker.
  • Oatmeal
    Tahukah anda bila bubuk oatmeal sangat baik untuk pengelupasan kulit. Kita dapat membuat masker oatmeal sebagai salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah. Masker oatmeal ini selain bermanfaat menghilangkan flek hitam, juga bermanfaat mengangkat kulit mati.
    Cara untuk membuat masker oatmeal adalah dengan mencampur bubuk oatmeal dengan 3-4 sendok makan air lemon. Setelah menjadi pasta, gosokkan pada kulit. Biarkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat.
    Lakukan perawatan ini seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Kacang Almond
    Rendam 8-10 kacang almond di dalam susu selama 1 hari. Setelah di rendam, kupas kulit kacang dan giling kacang almond. Anda juga bisa mencapurkan gilingan almond dengan madu.
    Setelah menjadi pasta, kita bisa oleskan pasta pada wajah untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.
  • Jeruk Nipis
    Kandungan asam pada jeruk nipis mampu mengangkat sel kulit mati dan cocok bagi yang sudah berumur diatas 40 tahun.
    Caranya : gosokkan jeruk nipis pada wajah dan biarkan mengering setelah itu bilaslah dengan air hangat agar pori-pori terbuka. kemudian bilas lagi dengan air dingin yang bersih.
    Lakukan cara ini dengan rutin selama dua minggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika anda memiliki kulit halus dan sensitif, kita bisa mencampurkan perasan air lemon dengan air biasa atau madu.
Sebenarnya dalam mengatasi flek hitam pada kulit wajah ini bukanlah perkara yang instant namun dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan tetapi perawatan alami yang anda lakukan akan membuahkan hasil yang maksimal, berbeda apabila anda menggunakan cara-cara instan seperti dengan membeli kosmetik yang mahal dan jika dipakai langsung terlihat hasilnya, tapi sadarkah anda bahwa hal yang instant itu hasil akhirnya mungkin saja kurang bagus.
Cara-cara perawatan yang dijabarkan diatas ternyata sangat mudah bukan ?? asalkan kita melakukan dengan rutin dan teratur, tentunya kita akan mendapatkan hasil yang maksimal...

Selamat mencoba


Salam

----------------------------------------------------

Baca Juga :

Buah Penting untuk kesehatan
Cara Menggunakan Livia Peeling Gel pembersih Daki
Cara Mengecek Notifikasi BPOM
Tips menjadi lebih cantik dengan buah pepaya
Tips Merawat Bibir dengan Lipstick Dolby
Tips Membasmi jerawat dengan daun seledri
Jual Cream Pemutih DR. Pure





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab dan cara mengatasi Flek Hitam Pada Wajah

8 komentar:

  1. makasih infonya....semoga bermanfaat ya...

    ReplyDelete
  2. trimakasih untuk informasi yang agan posting, izin simak deh

    ReplyDelete
  3. Ikut menyimak gan, semoga makin lengkap informasi tips tips yang di berikan oleh blog ini dan sukses.

    ReplyDelete
  4. thanks, banyak cara utk memutihkan kulit dan semuanya tdk perlu dgn obat2an kimia yg mahal...

    ReplyDelete
  5. Trimakasih sudah membagikan artikel yang sangat bermanfaat ini gan.
    otomotif terkini

    ReplyDelete
  6. Tips kesehatan yang bermanfaat sekali untuk tubuh kita.
    kumpulan resep masakan

    ReplyDelete
  7. Artikel yang sangat bermanfaat sekali gan...
    biodata artis

    ReplyDelete