Sunday, August 24, 2014

Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan

Tentu nya kita semua mengenal buah Semangka (Citrullus lanatus) yang tergolong ke dalam suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae. Yang adalah tanaman merambat dan berasal dari daerah Afrika bagian selatan. Tanaman semangka ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan mentah dan juga bisa dijadikan jus.

Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitat tanaman semangka ini merambat, namun tidak dapat membentuk akar adventif serta tidak dapat memanjat atau merambat keatas. Tetapi, Jangkauan rambatan tanaman ini  bisa mencapai belasan meter.


Buah semangka banyak mengandung vitamin A, C, B, serta  juga vitamin K. Selain keempat itu buah ini juga mengandung kalium, magnesium, asam pantotenat, tembaga, besi, mangan, selenium dan zinc.
Semangka mengandung 6888 mcg likopen. Dapat mensuplai kebutuhan serat sebesar 2%. Buah sangat sedikit mengandung kalori dan lemak hanya sebesar 0.23 gram sehingga ideal dikonsumsi oleh orang yang ingin melakukan diet.

Oleh karena itu, mulailah menyediakan semangka sebagai salah satu makanan penutup di setiap menu harian anda. Kandungan berbagai nutris dan vitamin yang melimpah pada semangka membantu menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh setiap orang yang mengkonsumsi buah ini.

Kali ini saya akan berbagi berbagi khasiat buah semangka yang mungkin belum anda ketahui.
Berikut ini adalah manfaat semangka untuk kesehatan :

Untuk Kesehatan Jantung
Semangka meningkatkan arginin (asam amino) dalam tubuh kita. Arginin digunakan dalam pembuatan nitrous oxide, yang membantu merelaksasi pembuluh darah kita. Karena itu, semangka akan sangat membantu dalam mencegah stroke dan serangan jantung.




Baik untuk Ginjal
Semangka memiliki kemampuan seperti air kelapa. Mengkonsumsi semangka dapat membersihkan ginjal dan kandung kemih. Jika urin Anda telah terinfeksi, makan semangka dan air minum untuk mengurangi kuman di dalam kandung kemih. Dan jika Anda menderita batu ginjal, semangka juga dapat  membantu Anda.

Mengurangi Tekanan Darah
Karena arginin mempengaruhi relaksasi pembuluh darah kita, maka semangka juga berkemampuan mengatur tekanan darah. Komponen kalium dan magnesium dalam semangka dapat membantu dalam mengurangi tekanan darah.

Memperkuat gairah
Semangka berisi citrulline, yang dapat memicu produksi senyawa dalam tubuh yang membantu merelaksasi pembuluh darah tubuh, cara kerja ini mirip dengan cara kerja viagra.

Mencegah Kanker
Semangka merah lycopene  dikenal sangat penting dalam pencegahan kanker. Selain semangka, tomat kaya akan lycopene.

Minuman Energi,
Semangka kaya akan vitamin B, potasium, dan zat besi. Karena itu, memberikan kekuatan untuk tubuh. Selain itu, semangka mengandung gula alami yang dapat membantu mempertahankan energi kita. Semangka dapat menyegarkan tubuh Anda terutama saat cuaca panas.

Untuk Kesehatan Penglihatan
Semangka mengandung vitamin C dan vitamin A yang tentunya sangat baik untuk mata kita.

Untuk Perut
Semangka pada dasarnya mengandung air alkali sebesar 92%. Air alkali baik untuk perut kita terutama bagi mereka yang menderita ulkus.

Menghindari Bau Mulut
Menurut para ahli, semangka dapat sangat membantu dalam mencegah dan mengurangi bau mulut.

Mengatasi Asam Urat
Jus semangka menurunkan asam urat dalam tubuh kita.


Nah, itu dia adalah beberapa khasiat dari buah semangka bagi kesehatan tubuh kita. Bagi anda yang memiliki beberapa masalah kesehatan seperti di atas, alangkah baiknya jika anda mulai sekarang mengkonsumsi buah semangka ini untuk meminimalisir penyakit anda.


----------------------------------


Baca Juga :

Manfaat Celana Dalam Serat Bambu Flier
Cream Pemutih wajah Dr. Pure
Cara Menggunakan Livia Peeling Gel pembersih Daki
Makanan berbahan Bambu dan Khasiat nya bagi kesehatan
Cara mengobati sakit gigi dengan arang bambu

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment