Tuesday, January 13, 2015

Info Penting Tentang Antibiotik

Resistensi antibiotik adalah masalah kesehatan yang sangat besar di zaman modern seperti saat ini. Resisten artinya dokter semakin sulit mengobati infeksi yang dialami pasien karena kuman yang menyebabkan infeksi sudah menjadi kebal terhadap obat. Oleh karena itu alangkah bijak jika kita jangan sembarangan dalam mengkonsumsi obat antibiotik. Banyak sekali kerugian yang ditimbulkan akibat dari resistensi antibiotic ini, antara lain risiko kematian akibat infeksi, biaya pengobatan yang mahal, pasien harus tinggal lama di rumah sakit, dan dokter harus meresepkan obat antibiotik yang lebih kuat, dosis lebih tinggi dan bisa jadi lebih mahal.

Mengapa antibiotik kini sering disalahgunakan? Pasien memang sering meminta dokter meresepkan antibiotic ketika pasien mengalami sakit. Mereka meyakini bahwa dengan minum antibiotik bisa membuat kondisi lebih baik dan lebih cepat sembuh dari penyakit yang mereka alami. Sedangkan di satu pihak, kebanyakan dari pasien-pasien tersebut tidak tahu efek samping dari penggunaan antibiotic yang tidak sesuai dengan resep dokter.

Padahal, antibiotik sebenarnya adalah obat untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh kuman atau bakteri, namun pada prakteknya obat ini sering dipakai untuk penyakit batuk, sinusitis, dan flu. Semua penyakit tersebut dipicu oleh virus sehingga tidak akan mempan jika dilawan dengan antibiotik.
Di lain pihak, beberapa penelitian mengungkap bahwa terkadang, dokter otomatis menulis resep antibiotik, bahkan sekalipun tidak diminta pasien, karena ia beranggapan pasiennya menginginkan obat antibiotik.
Antibiotik adalah obat yang penting dalam penanganan infeksi.
Tetapi seperti halnya obat lain, antibiotik paling efektif saat dipakai dengan tapat. Jika digunakan berlebihan efeknya justru sebaliknya.

Efek samping antibiotik antara lain reaksi alergi dan juga infeksi sekunder. Penelitian juga mendokumentasikan beberapa efek berbahaya antibiotik, misalnya gangguan irama jantung, diare, mual, sakit kepala, dan lain sebagainya.
Oleh karena itu, dokter sebaiknya memberikan pengetahuan kepada pasien mengenai penggunaan antibiotik secara rasional dengan cara yang tentunya sangat mudah untuk dimengerti oleh pasien, sehingga pasien bisa mengerti tentang fungsi obat antibiotic.  Tidak setiap penyakit bisa ditangani dengan antibiotik, terutama yang disebabkan oleh virus seperti influenza.

------------------------------------------

Baca Juga :

Cara Mengobati Keputihan secara Alami
Cara Perawatan Kulit Wajah untuk Pria
Tips Merawat Bibir dengan Lipstick Dolby
Manfaat Sabun Arang dan Cuka Bambu serta cara penggunaan nya
Cara Pemijitan yang Baik untuk Kesehatan Payudara Anda
Sabun Beras Susu K.BrothSis
Catok Keramik Temperatur Harga Grosir

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Info Penting Tentang Antibiotik

0 komentar:

Post a Comment