Saturday, August 23, 2014

Apa itu Ice Bucket Challenge ?

Beberapa pekan terakhir ini kita mungkin sering sekali mendengar bahkan melihat aksi menyiram diri sendiri dengan seember air es (beserta batu es nya) ada-ada aja kan ?? hehhe
Bahkan para selebritis sampai para politikus hampir diseantero jagad mulai ikut-ikutan kegiatan “gila” ini..
Perlu kita ketahui telusuri lebih jauh tentang maksud dan tujuan dari keanehan ini… yukk…
Kegiatan ini banyak dikenal dengan sebutan “ALS Ice Bucket Challenge”

Challenge ?? berarti semacam perlombaan atau pertandingan dong ??? berhadiah dong ?? hehe.. yuk cari tau lagi lebih dalem..

ALS Ice Bucket Challange adalah viral video yang mana seseorang menuangkan seember es batu dan air dingin kepada tubuh nya sendiri sebagai tanda dukungan dirinya atau bukti telah menyumbang kepada Asosiasi ALS. Sebelum ember tertuang, biasanya ia akan menantang temannya untuk melakukan hal yang sama dan teman nya yang ditantang harus menjawab tantangan tersebut dengan melakukan hal yang sama dan harus dilakukan tidak boleh lebih dari 24 jam. Kabarnya, jika teman yang ditantang tidak membalas tantangannya, maka si penantang tadi harus menambah donasinya.

Lha… emang ALS itu apaan sih ??
ALS adalah singkatan dari  Amyotrophic Lateral Sclerosis atau penyakit yang biasa dikenal dengan nama Lou Gehrig's. Sampai saat ini masih belum jelas siapa yang memulai tantangan ini tetapi yang pasti seminggu ini, pesta #alsicebuckechallange di dunia maya hampir dapat kita temui setiap detik.

Amyotrophic lateral sclerosis (ALS) — juga dirujuk sebagai motor neurone penyakit (MND), Charcot, dan, di Amerika Serikat, penyakit Lou Gehrig — adalah penyakit neurodegeneratif dengan berbagai penyebab. Itu adalah ditandai dengan otot kejang-kejang, kelemahan cepat progresif karena atrofi otot, dan kesulitan dalam berbicara (disartria), menelan (disfagia), dan pernapasan (dyspnea). ALS adalah yang paling umum dari Lima penyakit motor neuron.

Ketika motor neuron merosot, mereka tidak lagi dapat mengirim impuls serat-serat otot yang biasanya menghasilkan gerakan otot. Gejala awal ALS sering termasuk peningkatan kelemahan otot, terutama melibatkan lengan dan kaki, berbicara, menelan atau bernapas. Ketika otot-otot tidak lagi menerima pesan dari motor neuron yang mereka butuhkan untuk berfungsi, otot-otot mulai atrofi (menjadi lebih kecil). Tungkai mulai terlihat "tipis" sebagai atrophies jaringan otot.

ALS tidak mengganggu pikiran seseorang. Ini hanya mempengaruhi neuron motor penggerak. Kepribadian, intelijen, memori, dan kesadaran diri tetap sama. Indra penglihatan, penciuman, sentuhan, mendengar, dan rasa tetap utuh.
Nah sekarang kita sudah sedikit mengerti tentang ALS itu… ternyata mereka yang melakukan Ice Bucket Callenge bermaksud untuk menyumbangkan sedikit dana yang akan digunakan untuk tindakan melawan penyakit ini…

Ternyata hebat juga ya ide nya… hehhe
Semoga Sukses Challenge nya :)


---------------------------------------------------------

Baca Juga :

Manfaat Celana Dalam Serat Bambu Flier
Cream Pemutih wajah Dr. Pure
Cara Menggunakan Livia Peeling Gel pembersih Daki
Cara mengobati sakit gigi dengan arang bambu
Ayo Cegah penularan virus MERS (Corona) dengan Masker Serat Bambu

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa itu Ice Bucket Challenge ?

0 komentar:

Post a Comment