Friday, April 3, 2015

Memberi Sedekah pada Pengemis, Baikkah ??

Bagi sobat sekalian yang hidup atau tinggal di kota-kota besar, menemukan banyak pengemis di jalanan tentu sudah manjadi pemandangan yang biasa. Dan mungkin juga sobat sekalian sudah sering menjadi donatur bagi para pengemis-pengemis tersebut. Tapi apakah memberikan sejumlah uang receh kepada para pengemis tersebut bisa dikatakan sebagai sedekah ??

Menurut saya, sedekah itu diberikan kepada orang yang benar-benar membutuhkan karena suatu alasan tertentu sehingga mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Orang yang seperti itulah yang berhak menerima sedekah (Menurut saya pribadi lho ya)

Sedangkan para pengemis yang tiap hari berkeliaran di pinggiran jalan nyaris di setiap sudut kota, apakah mereka adalah orang yang pantas menerima bantuan atau sedekah dari sobat sekalian ?? Sedangkan sobatt sekalian sama sekali tidak mengetahui bagaimana asal-usul mereka,darimana keberadaan mereka,bagaimana kondisi keuangan mereka. Bukan tidak mungkin mereka itu malah sebenarnya memiliki perekonomian yang jauh lebih bagus daripada sobat sekalian. Mungkin sobat masih tinggal di kos-kosan untuk mencarinafkah, tapi sebenarnya mereka malah setelah selesai mengemis, pulang dan tidur dirumah pribadi mereka yang bisa dikatakan mewah.

Mengapa seperti itu ??
Karena pekerjaan mengemis jauh lebih menguntungkan daripada bekerja sebagai seorang kuli maupun orang kantoran. Mereka hanya dengan bermodalkan pakaian yang lusuh, dan sedikit memasang muka melas dipinggiran jalan, untuk menarik perhatian dan rasa iba dari setiap orang yang melintas didepan mereka.
Bahkan, sampai ada yang tega menggunakan anak kecil (bayi) sebagai sarana tambahan untuk menarik rasa kasihan dari sobat sekalian seperti yang dibahas di Forum Bersosial.
Disitu dijelaskan bagaimana mereka mengeksploitasi anak-anak yang masih bayi demi mendapatkan penghasilan yang besar dari kegiatan mengemis.

Apakah membantu orang-orang yang seperti itu berarti kita memberikan sedekah kepada mereka ?? atau malah kita semakin menjerumuskan mereka dalam sifat malas mereka untuk mencari pekerjaan yang lebih baik ?? Mereka tega untuk melakukan hal tersebut karena menurut mereka, mengemis adalah cara termudah menghasilkan uang.  Sehingga mereka tidak perlu bersusah payah bekerja untuk mendapatkan uang bagi kebutuhan hidup mereka.

Menurut saya pribadi, kita bisa tetap memberikan sedekah kita. Tapi bukan kepada orang-orang seperti yang dimaksudkan diatas. Kita bisa melihat orang-orang disekitar tempat kita tinggal. Mungkin tetangga kita, atau siapapun disekitar kita yang benar-benar membutuhkan sedekah kita tersebut. Apa salah nya jika kita membantu memberikan sedekah kepada mereka disekitar kita yang lebih  membutuhkan??

Misalnya, ada tetangga kita yang jelas-jelas kita tau bahwa mereka tergolong tidak mampu, Dan mungkin saat tertentu mereka ada yang mengalami sakit sehingga tidak bisa bekerja. Bantulah mereka, sekecil apapun bantuan anda tentu akan menjadi sedekah yang sangat berharga bagi mereka.
Kalaupun sobat ingin memberikan sesuatu kepada pengemis, berikanlah makanan, atau mungkin sesuatu yang berguna bagi mereka asalkan jangan berupa uang.

Mengapa jangan berupa uang ??
Karena begini, kadang kita menemukan pengemis yang berkata, 'Kasihani kami pak, sehari belum makan'  kalau kita memberikan uang, belum tentu uang tersebut dibelikan makanan (karena sebenarnya mereka sudah makan) berikanlah makanan, sehingga mereka bisa makan. Toh kalaupun mereka sudah makan, tentu saja makanan tersebut akan mereka berikan ke teman mereka yang lain yang benar-benar belum makan. hehehhee

Kalau kita kasihkan uang, uang tersebut bisa mereka gunakan untuk hal lain yang tentu saja kita tidak mengetahuinya. bukan tidak mungkin uang dari sobat sekalian tersebut ternyata digunakan untuk membayar cicilan mobil baru mereka...(bisa jadi kan??)

Sampai disini dulu yak... semoga bermanfaat, jika ada sanggahan atas pendapat saya ini, silahkan posting pada kolom komentar. Pasti dijawab koq.. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Memberi Sedekah pada Pengemis, Baikkah ??

1 komentar:

  1. kalo dikasih ke pengemis jadi2an emang ngga berkah sih, justru malah menyuburkan sifat malas...

    ReplyDelete