Saturday, October 11, 2014

Cara Mengecek Notifikasi Produk Kosmetik

Saat ini kita telah banyak mendengar tentang berbagai kasus terkait pelanggaran terhadap peredaran obat dan makanan di dalam negeri yang boleh dibilang makin marak. Seperti kasus formalin, kasus minuman isotonik, makin banyak beredar kosmetika palsu, dan bahkan saat ini santer pemberitaan tentang peredaran obat serta jamu palsu, dan masih banyaknya kasus serupa.

Berbagai kasus itu mengindikasikan bahwa ada yang kurang dengan sistem pengawasan obat dan makanan di negeri kita ini. Hal itu tentunya sangat ironis mengingat konsumsi masyarakat kita terhadap berbagai produk obat, makanan, kosmetika, alat kesehatan, dan obat tradisional Indonesia yang cenderung semakin meningkat.

Sayangnya, kita sebagai konsumen kurang memiliki pengetahuan yang memadai mengenai produk yang dikonsumsi tersebut, apakah sudah tepat, benar, dan aman. Karena itu, Indonesia memerlukan sistem pengawasan obat dan makanan yang efektif dan mampu mendeteksi, mencegah serta mengawasi produk-produk guna melindungi keamanan, keselamatan, dan kesehatan konsumen.

Pemerintah Indonesia melalui Keppres Nomor 166 Tahun 2000 dan Nomor 103 Tahun 2001 membentuk Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yang bertugas, antara lain memberi izin dan mengawasi peredaran obat serta pengawasan industri farmasi.

Karena Sejauh ini pendaftaran makanan dan minuman untuk seluruh wilayah Indonesia ditangani langsung oleh Direktorat Penilaian Keamanan Pangan, Badan POM.
Saat ini kita akan membahas tentang cara mudah untuk mengecek apakah produk yang kita beli dan hendak kita konsumsi benar-benar telah terdaftar di BPOM serta aman untuk kita gunakan. Dan yang kita utamakan saat ini adalah tentang Bagaimana Cara Mengecek Notifikasi Produk Kosmetik

Caranya Sangatlah mudah, cukup dengan mengikuti langkah-langkah berikut :
•    Masuk ke website resmi BPOM, atau bisa langsung Klik Disini
•    klik bagian Daftar Produk


•    akan muncul list produk yang sudah teregistrasi sampai dengan notifikasi terakhir saat ini.
•    Nah disitu akan muncul banyak sekali jenis kosmetik yang teregistrasi di BPOM, Kita tinggal mencari jenis atau merk kosmetik yang akan kita cek kebenaran Notifikasi nya pada kolom pencarian,

misalnya kita coba cari merk “Bichun”(seperti pada gambar) maka akan tampil semua jenis kosmetik dengan merk bichun tersebut dengan Nomor Notifikasi nya serta masa berlaku ijin nya.

Mudah bukan ??

Nah sampai disini dulu pembahasan kita tentang Cara Mengecek Notifikasi Produk Kosmetik, Sampai jumpa lagi di artikel menarik lain nya.


---------------------------------------------


Baca Juga :

Manfaat Sabun Arang dan Cuka Bambu serta cara penggunaan nya
Cara Pemijitan yang Baik untuk Kesehatan Payudara Anda
Pembersih Daki / Bolot Livia Peeling Gel
Tips Membasmi jamur pada lemari pakaian
Tips menyembuhkan Asam Urat
Jual Cream Pemutih DR. Pure

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengecek Notifikasi Produk Kosmetik

0 komentar:

Post a Comment