Friday, September 11, 2015

Tips Menghentikan Mimisan

Mimisan adalah pendarahan yang terjadi melalui hidung. Darah dapat keluar dari salah satu atau kedua lubang hidung dengan durasi yang bisa saja berbeda-beda. Ada yang mengalaminya hanya selama beberapa detik dan bahkan ada yang bisa melebihi dari lima menit. Mimisan ini juga bisa terjadi pada saat penderita sedang tertidur.

Penyebab keluar darah dari hidung atau mimisan, tidak asing lagi mendengar nama penyakit yang satu ini. Biasanya kita mengenal dengan istilah Mimisan. Mimisan adalah darah yang keluar dari lubang hidung, perdarahan ini terjadi karena lepasnya mukosa dalam pembuluh darah kecil. Kejadian seperti ini hampir semua orang mengalaminya.

Selain karena masalah yang sudah disebutkan tadi, faktor perubahan cuaca juga bisa menjadi penyebabnya dan perlu diwaspadai kalau mimisan terjadi pada penderita demam berdarah karena akan sangat berbahaya karena itu pertanda stadium yang sudah berat.

Berikut adalah tips atau cara mengatasi mimisan, dudukkan penderita, dan usahakan posisi penderita lebih tinggi dari jantung.Tidak boleh tidur terlentang karena aliran darahnya akan semakin bertambah deras.

Kemudian posisi badan dalam keadaan membungkuk dan berikan arahan agar berhafas melalui mulut.

Tekan cuping hidung selama 5 menit, dan di kompres dingin untuk memperlambat aliran darah. Jika aliran darah masih belum berhenti juga, kita tekan lagi sampai 10 menit sampai darah benar-benar berhenti.

itulah tips sederhana untuk menghentikan mimisan yang mungkin saja menimpa orang-orang disekitar anda.
Semoga membantu

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Menghentikan Mimisan

0 komentar:

Post a Comment