Wednesday, August 19, 2015

Pertolongan Pertama Saat anak Mengalami Step (Kejang)

Sakit Demam pada anak sebenarnya tidak membahayakan selama tidak menyebabkan dehidrasi, kesadaran menurun apalagi sampai anak mengalami kejang atau yang sering disebut Step. Pada dasarnya, Demam adalah tanda pertahananan tubuh yang terjadi dikarenakan adanya benda asing yang sedang mengganggu didalam sistem tubuh, Contohnya, ketika anak anda demam setelah diberikan imunisasi .

Ini merupakan kondisi yang serius dan sama sekali tidak memerlukan penanganan medis. Selain itu demam juga dapat disebabkan oleh adanya virus yang masuk ke dalam tubuh sehingga dibutuhkan bantuan obat-obatan semacam antibiotik. Anda sama sekali tidak perlu sangat cemas ketika anak anda mengalami demam, pertama kali yang harus anda lakukan adalah anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab demam pada anak anda tersebut. Penanganan yang berlebihan terhadap demam anak, misalnya saja langsung diberikan obat antibiotika dan langsung melakukan cek darah justru sering kali merugikan anak dibandingan dengan menghilangkan demam pada anak.

Step Biasanya muncul pada anak setelah demam yang tidak kunjung turun suhu badan nya yang panas. Kejang semacam ini (Step) merupakan kelanjutan dari demam yang tinggi.

Yang perlu diketahui, apabila kejang demam pada anak berlangsung sebentar maka itu tidak akan menimbulkan efek apa-apa. Namun apabila kejang berlangsung lama dan berulang, maka harus cepat-cepat lakukan tindakan pertolongan pertama.
Berikut ini ada beberapa langkah pertolongan pertama saat anak demam tinggi dan mengalami kejang :
  1. Evakuasi anak yang terkena step ke tempat yang aman, baringkan di lantai atau kasur serta jauhkan dari benda yang berbahaya.
  2. Miringkan kepala ke salah satu arah ( kiri atau kanan ) agar memudahkan jika anak mengeluarkan cairan dari saluran pernapasan atau agar anak tidak tersedak.
  3. Longgarkan pakaian anak agar anak tidak susah untuk bernapas.
  4. Jangan memasukan apapun ke dalam mulut anak saat step atau kejang demam termasuk memberikan obat-obatan oral.
  5. Jika anak sulit bernapas atau kulitnya agak membiru, maka segera bawa anak anda ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dalam melindungi buah hati kita dari gangguan sakit demam yang berkelanjutan sehingga mengakibatkan terjadinya kejang atau Step ini.
Salam..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pertolongan Pertama Saat anak Mengalami Step (Kejang)

1 komentar:

  1. informasi yang sangat bagus dan bermanfaat...
    nice artikel good job

    ReplyDelete