Friday, April 3, 2015

Manfaat Tanaman Cengkeh

Kita semua tentu mengenal salah satu jenis rempah-rempah andalan di negara kita ini. Rempah-rempah yang saya maksudkan kali ini adalah Cengkeh. Cengkeh adalah jenis rempah yang terkenal di Indonesia, sehingga sejak dulu jenis rempah inilah yang menjadi incaran berbagai negara di seluruh pelosok dunia. Dan karena cengkeh ini pula sehingga penjajahan terjadi pada negara kita ini. Belanda menjajah indonesia dengan salah satu tujuan nya adalah mengeruk rempah-rempah yang mereka butuhkan sebanyak mungkin dari negeri kita tercinta ini.

Cengkeh pada awal mulanya adalah tanaman yang berasal dari Maluku Utara yang karena banyak dibutuhkan diseluruh dunia sehingga mulai dibudidayakan oleh masyarakat indonesia pada berbagai daerah di Indonesia. Cengkeh atau dengan sebutan latin nya Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum atau juga dalam bahasa inggris disebut cloves ini sebenarnya adalah adalah tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Kuncup bunga yang sudah kering berwarna coklat, dan jika masih muda berwarna hijau.

Tanaman cengkeh ini memiliki sangat banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita manusia. Cengkeh ini sudah ada sejak zaman dahulu, cengkeh terkenal di negara china sebagai obat untuk penyegar aroma mulut. Cengkeh ini digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan rokok pada zaman tersebut.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan kita.
  1. Sebagai Obat pengusir Nyamuk
    Asap yang dihasilkan dari pembakaran cengkeh ini sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Selain bisa mengusir nyamut dengan cepat, juga tidak mengakibatkan polusi yang membahayakan pernapasan, karena tidak seperti obat nyamuk yang  banyak beredar dipasaran saat ini yang tentu saja mengandung bahan kimia.
     
  2. Menghilangkan Bau Mulut
    Cengkeh juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut manusia seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa hal ini sudah dilakukan oleh warga china sejak zaman dinasty Han.
     
  3. Menghilangkan Racun dalam Tubuh
    Cengkeh juga bermanfaat untuk menghilangkan racun pada tubuh kita. Caranya cukup mudah, anda hanya menelan 1 kuncup cengkeh, ataupun mengunyahnya. bisa juga dihancurkan terlebih dahulu serta dicampurkan kedalam air yang diminum.
     
  4. Menangkal Radikal Bebas
    Cengkeh kering memiliki kandungan senyawa aktif yang sangat berguna untuk menangkal radikal bebas dari luar.
     
  5. Menyembuhkan Sakit Gigi
    Cengkeh ini juga dapat kita manfaatkan sebagai obat yang sangat mujarab untuk menyembuhkan sakit gigi, caranya adalah dengan menaruh potongan cengkeh pada bagian gigi yang sakit.
     
  6. Mengatasi Masalah Pencernaan
    Cengkeh ini juga sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan yang terganggu.
     
  7. Mencegah Penyakit Jantung
    Inilah salah satu penyebab rempah Cengkeh ini menjadi incaran berbagai  negara di seluruh dunia. Karena cengkeh ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.
     
  8. Mencegah Diabetes
    Selain cengkeh berfungsi untuk mencegah penyakit jantung, rempah ini juga berkhasiat dalam mencegah sakit diabetes.
     
  9. Menghilangkan Jerawat
    Selain berguna untuk kesehatan, cengkeh juga bermanfaat untuk merawat kecantikan anda. Misalnya untuk menyembuhkan jerawat.
    Yaitu dengan menggunakan Minyak Cengkeh. Minyak cengkeh ini dapat anda oleskan ke bagian kulit wajah anda yang berjerawat. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilaslah wajah anda dengan menggunakan air bersih.
    Lakukan cara ini setiap seminggu sekali. Niscaya wajah anda yang berjerawat akan sembuh dan kembali bersinar.
    nb: Karena kulit wajah adalah bagian kulit yang sensitif, ada baiknya sebelum anda mengoleskan minyak cengkeh ke wajah anda, terlebih dahulu anda coba oleskan ke kulit tubuh anda lain nya, Kulit kaki misalnya. Jika dalam beberapa saat kemudian anda tidak merasakan iritasi atau semacamnya, barulah anda boleh mengoleskan pada wajah anda. Hal ini perlu untuk mengetahui apakah anda memiliki alergi kulit terhadap minyak cengkeh ini atau tidak.
Itulah beberapa manfaat penting tanaman Cengkeh bagi kesehatan kita manusia. Semoga artikel singkat ini bisa memberi sedikit manfaat bagi anda.
Salam..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Tanaman Cengkeh

0 komentar:

Post a Comment