Wednesday, March 25, 2015

Makanan untuk Meningkatkan Berat Badan Bayi

Sebagai orang tua yang memiliki bayi yang baru lahir tentu saja menginginkan jika bayinya atau buah hati yang merupakan anggota baru dalam keluarga bisa tumbuh aktif, cerdas serta sehat tanpa gangguan atau keluhan sedikitpun. Bayi dengan berat badan yang tambun seringkali menjadi indikator bayi yang sehat. Selain daripada itu, bayi dengan berat badan yang cukup besar tentu saja akan sangat menggemaskan jika dilihat. Itulah yang menjadi alasan mengapa kebanyakan orangtua berlomba-lomba melakukan segala daya dan upaya untuk meningkatkan bobot tubuh buah hati mereka.

Akan berbeda tentunya jika anda memiliki bayi yang kurus dan memiliki berat badan yang kurang, selain mengkhawatirkan, anda tentu saja akan mencemaskan kondisi kesehatan bayi anda tersebut. Oleh karena itu, sangat penting sekali agar anda mengupayakan berbagai macam cara untuk meningkatkan bobot tubuh si buah hati. Jalan terbaik yang dapat digunakan untuk meningkatkan bobot tubuh bayi adalah dengan memilih asupan makanan yang tepat untuk dikonsumsi oleh bayi anda.

Hal ini dikarenakan asupan makanan yang dikonsumsi oleh bayi akan sangat berpengaruh dan menentukan bobot tubuhnya. Bayi tidak boleh diberikan sembarang makanan yang tentu saja bisa memberikan dampak buruk terhadap sistem pencernaannya, dan bukan menyebabkan bobot tubuhnya menjadi bertambah, tapi malah dapat berakibat bencana karena sistem pencernaannya yang terganggu.


Untuk itu, anda harus lebih selektif dalam memilih asupan makanan yang tepat untuk meningkatkan bobot tubuh bayi anda.

Nah, berikut ini ada 3 pilihan makanan yang bisa anda berikan kepada bayi anda untuk meningkatkan berat badan bayi anda agar lebih tinggi dari berat badannya sebelumnya.
  1. Asupan ASI Berkualitas

    Untuk menambah berat badan bayi yang berusia masih kurang dari 6 bulan, pemberian ASI ekslusif adalah solusi satu-satunya bagi bayi anda. Jadi, selama enam bulan pertama, bayi hanya diberikan asupan ASI tanpa diberikan asupan lain nya. ASI Eksklusif ini juga haruslah ASI yang berkualitas. Nah, Bagaimana menghasilkan ASI berkualitas ?? Caranya adalah dengan memberikan asupan makanan yang bergizi untuk disantap oleh sang ibu.
    Karena Makanan yang bergizi yang dimakan oleh si Ibu tentu saja akan menghasilkan ASI yang berkualitas bagi si bayi. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda memperhatikan dengan baik asupan nutrisi harian si ibu sehingga dapat menghasilkan ASI yang berkualitas bagi si bayi. Selain itu, perlu juga untuk menghindari tekanan pada pikiran si ibu yang dapat menyababkan perasaan stress pada ibu  menyusui. karena stres dapat tentu saja sangat mempengaruhi produksi ASI. Anda juga harus dapat mencegah sakit Mastitis pada ibu yang sedang menyusui. Karena jika si ibu memiliki sakit mastitis, tentu saja tidak dapat  memberikan ASI dengan teratur bagi si buah hati.
  2. Bubur Gandum

    Makanan bagi bayi yang diracik dari campuran gandum atau biji-bijian mengandung jumlah kalori yang sangat baik serta dapat menjadikan makanan yang sehat untuk diberikan kepada buah hati anda. Bahan makanan yang dicampurkan dengan biji-bijian akan dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh bayi anda setiap hari. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda menyajikan bubur gandum yang dicampurkan dengan kacang-kacangan sebagai asupan nutrisi bagi bayi anda. Atau bisa dikreasikan dengan cara lain yang menarik dan tentu saja cocok dengan usia bayi anda.
     
  3. Sayur dan BuahBerikan juga buah-buahan dan sayuran yang mengandung kalori yang tinggi sehingga membantu bayi anda untuk memiliki bobot tubuh dan juga asupan nutrisi yang seimbang. Jenis buah-buahan yang bisa dikatakan dapat memberikan kenaikan berat badan dengan cepat pada bayi adalah alpukat. Karena alpukat dikenal memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik dan sehat serta memiliki jumlah kalori yang cocok untuk bayi. Bukan berarti hanya buah alpukat yang terbaik bagi bayi lho ya.. Masih ada banyak jenis buah-buahan lain yang juga memiliki jumlah nutrisi yang baik bagi bayi,. misalnya pisang dan buah pir yang terkenal memiliki kandungan kalori yang baik juga untuk bayi. Sementara itu untuk menyajikan sayuran pada bayi anda, anda bisa menambahkan satu sendok teh minyak zaitun atau mentega ketika memasak sayuran tersebut. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menambah kandungan lemak didalam sayuran yang akan anda sajikan bagi buah hati anda.
Itulah 3 jenis makanan untuk meningkatkan berat badan bayi anda. Anda harus dapat memilih asupan makanan yang tepat untuk meningkatkan bobot tubuh bayi, karena asupan makanan yang tepat adalah hal yang penting sehingga bisa memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan dan tentu saja kesehatan si buah hati anda dapat terjaga dengan baik.

Mari persiapkan nutrisi makanan yang baik dan sempurna untuk buah hati kita. Karena Buah hati kita yang tumbuh sehat tentu saja akan memberikan kebahagiaan yang tidak terhingga bagi para orang tua. Bayi yang sehat adalah idaman semua keluarga bahagia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan untuk Meningkatkan Berat Badan Bayi

0 komentar:

Post a Comment