Sunday, March 22, 2015

Cara Cek Status Pengiriman JNE

Bagi sobat yang sering melakukan transaksi online, atau yang suka berbelanja online, tentu sering menggunakan jasa pengiriman. Jasa pengiriman yang paling banyak digunakan misalnya, TIKI, Wahana Logistik dan JNE. Biasanya sih penggunaan jasa pengiriman ini tergantung keinginan dari pembeli. Kita tinggal pintar-pintarnya memilih jasa pengiriman mana yang akan kita gunakan, setelah kita mengecek ongkos kirim yang sekiranya sesuai dengan dana yang kita miliki.

Karena dari ketiga jasa pengiriman yang saya sebutkan diatas, tentu saja memiliki tarif jasa yang berbeda meskipun untuk rute yang sama. Jadi, pilihlah jasa pengiriman yang akan sobat gunakan setelah sobat mengecek terlebih dahulu ongkos kirim di situs ketiga jasa pengiriman tersebut. Mana yang paling murah, itulah yang boleh sobat gunakan.

Nah, Saat ini kita akan sedikit  membahas tentang cara cek status pengiriman via JNE. Semua kita tentu sudah tau tentang jasa pengiriman yang satu ini.
Setelah kita mengirimkan barang kita pada counter JNE, kita tentu akan mendapatkan selembar resi pengiriman yang berisi data paket yang kita kirimkan. Disitu tertera data pengirim, data penerima dan juga data barang yang dikirimkan.

Di Resi tersebut terdapat nomor e-connote yang biasanya tertera pada bagian pojok kanan atas resi tersebut. Nomor e-connote tersebut yang dapat sobat gunakan untuk mengecek status pengiriman dari paket yang sobat kirimkan tersebut pada situs milik JNE. Masukkan nomor e-connote tadi pada kolom Trace & Tracking lalu klik tombol "Search" setelah itu akan muncul kode captcha yang harus sobat ketikan lagi pada kolom yang disediakan. ini hanya untuk membuktikan kalo sobat bukan robot.
Setelah itu akan muncul data kiriman yang sobat masukan nomor resi nya tadi. Klik pada bagian nomor e-Connote atau no. AWB yang tertera disitu.
Maka akan muncul jendela baru yang berisil detail dari status pengiriman paket yang dimaksud.
Disitu sudah jelas terpajang detail dari status pengiriman paket yang kita kirimkan. Gampang bukan ??

Nah selanjutnya akan dijelaskan beberapa kendala yang kadang terjadi dalam proses pengiriman paket kita melalui JNE :
  1. 'data not found' atau 'data tidak ditemukan'  ini biasanya karena kesalahan memasukkan nomor resi atau nomor e-connote nya. Pastikan nomor resi sudah benar sesuai yang tertera pada lembaran resi pengiriman. Namun jika nomor sudah anda masukan dengan benar tetapi masih menunjukkan hal demikian, kemungkinan data kiriman anda belum dimasukkan pihak JNE ke website mereka. Biasanya akan segera bisa dilacak paling lambat 5 jam setelah paket anda serahkan ke counter JNE dan mendapatkan resi pengiriman nya.
  2. 'Criss Cross',  ini berarti nama & alamat pada nomor pengiriman berbeda dengan yang tertera pada paket yang anda kirimkan. Biasanya Ini terjadi karena kelalaian petugas pada counter tempat anda mengirim paket tersebut, sehingga bisa memperlambat kiriman hingga 2-4 hari kerja.
  3. 'Mis Route', artinya paket terkirim ke kota yang salah. misalnya seharusnya paket dikirim ke kota Bekasi, tapi malah terkirim ke kota Semarang. Hal ini dapat menyebabkan keterlambatan hingga 2 s/d 5 hari kerja.
  4. 'Redelivery / reschedule', artinya ketika paket diantarkan ke tujuan, alamat belum ditemukan atau ketika dikirim tidak ada orang untuk menerimanya.
  5. 'Kemalaman tidak diantar kurir', Tunggu sampai keesokan hari nya dan silahkan anda cek lagi statusnya nanti
  6. 'Nama Tidak Dikenal / Unknown consignee', artinya penerima paket di alamat tujuan tidak mengenal nama yang tertulis di paket.
  7. 'Alamat tidak ditemukan / Bad Address', ini artinya petugas JNE tidak menemukan alamat tujuan kiiriman paket tersebut.
  8. 'AU', artinya sedang dijadwalkan untuk diantar ulang. 
  9. 'Hand Over', artinya paket telah diserahkan kepada agen JNE yang terdekat dengan alamat pengiriman yang dituju.

Lama waktu pengiriman via JNE :
  • JNE paket REG = 2 -  8 hari kerja sejak paket dikirim, hal ini tergantung dengan lokasi kota tujuannya.
  • JNE Paket YES = hanya perlu 1 s/d 2 hari kerja saja dari tanggal kirim untuk sampai pada alamat tujuan.

Baca Juga : Tips Diet Super Efektif dengan Mentimun

Berikutnya ada Kode lainnya yang mungkin pernah sobat temukan pada laporan status pengiriman JNE saat anda mengecek status melalui Situs JNE :
  1. U01 = Alamat tidak lengkap / tidak dikenal
  2. U02 = Penerima tidak dikenal
  3. U03 = Penerima pindah alamat
  4. U04 = Penerima meninggal dunia
  5. U05 = Rumah atau kantor kosong (tapi masih dihuni)
  6. U06 = Ditolak oleh penerima
  7. U07 = Rumah atau kantor tidak dihuni
  8. U08 = Penerima menolak untuk membayar (khusus untuk kiriman COD)
  9. U09 = Tutup pada akhir pekan atau libur
  10. U10 = Force Majeure
  11. U11 = Damage case
  12. U12 = Misroute
  13. U13 = Criss-cross
  14. U14 = Missing
  15. CR1 = Reture to shipper / Reture to origin
  16. CR2 = Cancelled by shipper
  17. CR3 = Diambil sendiri
  18. CR4 = Destroyed
  19. CR5 = Hold for further instructions
  20. CR6 = New address
Itulah beberapa kode khusus mengenai status paket kiriman kita melalui jasa pengiriman JNE. Semoga artikel ini dapat membantu sobat sekalian dalam memantau perjalanan paket kiriman sobat semua.

Salam

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Cek Status Pengiriman JNE

7 komentar:

  1. mudah ya untuk tahu pengiriman paket
    masih infonya ya

    ReplyDelete
  2. kalo RU apa?

    ReplyDelete
  3. Info yg berguna sekali. top dahh..!!

    ReplyDelete
  4. terimakasih pak info mengenai tracking jnenya pak

    ReplyDelete
  5. Info yang bermanfaat

    bisa juga cek resi jne secara online

    makasih ya

    ReplyDelete