Thursday, March 19, 2015

Bahaya Mengkonsumsi Air Es

Anda Suka mengkonsumsi air Es ?? atau malah anda selalu atau hanya mengkonsumsi air es setiap hari nya ?? Karena saat ini banyak sekali orang yang sangat  menggemari air es, entah dalam suasana cuaca seperti apapun. termasuk ketika cuaca sedang dingin-dingin nya. Namun yang pasti, lebih banyak orang yang mengkonsumsi air es pada saat cuaca sedang panas. Di saat cuaca sedang sangat panas-panasnya, air es memang selalu dianggap seperti 'surga' yang memberikan rasa sejuk pada tubuh  ketika kita meminumnya. Namun alangkah lebih baik jika kita sedikit berhati-hati pada saat minum air es.

Kebiasaan mengkonsumsi air es bisa memberikan manfaat, namun juga dapat menyebabkan beberapa masalah serius pada tubuh.
Berikut ini ada beberapa efek buruk ketika kita minum air es bagi tubuh kita
  1. Mengganggu pencernaan
    Minum air dingin atau air es dapat memperlambat proses pencernaan makanan didalam lambung kita karena air es akan menyebabkan peyempitan pembuluh dara, karena efek kaget ketika terkena air es secara tiba-tiba. Nah, karena itu tubuh kita tentu saja membutuhkan waktu lebih banyak untuk mencerna makanan yang kita konsumsi, sehingga nutrisi akan habis dan hilang sebelum dapat diserap oleh tubuh.
     
  2. Merampok nutrisi
    Temperatur suhu tubuh mausia yang normal adalah 37 derajat celsius dan ketika Anda minum air yang terlalu dingin, tubuh harus menggunakan lebih banyak energi untuk menyesuaikan kembali suhu tubuh kita. Padahal energi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi didalam makanan yang kita cerna tersebut. Dengan energi yang sudah terbuang tersebut, tubuh tak akan dapat bekerja maksimal untuk menyerap nutrisi dengan baik.
     
  3. Memicu radang tenggorokan
    Minum air dingin dapat juga menyebabkan munculnya lendir pada lapisan kerongkongan. Sehingga saluran tenggorokan akan menjadi lebih rentan terkena infeksi dan radang serta mengakibatkan tubuh kita terkena penyakit Flu.
     
  4. Detak jantung menjadi lebih lambat
    Beberapa penelitian telah mengungkap bahwa konsumsi air es berlebihan dapat merangsang syaraf vagus. Saraf vagus adalah saraf yang penting dan mengontrol aktivitas tak sadar tubuh seperti detak jantung. Air es akan mempengaruhi kinerja syaraf ini sehingga dapat menyebabkan detak jantung menjadi lebih lambat.
Semoga artikel ini bisa memberikan sedikit informasi penting bagi sobat sekalian yang sangat suka mengkonsumsi air es. Alangkah lebih baik agar kita mengkonsumsi air es secara bijak, dan tidak berlebihan. Sehingga air es bisa menjadi berguna bagi tubuh kita, bukannya memberikan efek yang buruk bagi kesehatan kita semua tentunya.
Artikel ini disadur dari 4 efek Minum Air Es Bagi Tubuh Kita  pada forum bersosial.com yang banyak sekali memberikan informasi penting bagi kita semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bahaya Mengkonsumsi Air Es

0 komentar:

Post a Comment