Tuesday, February 3, 2015

Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik

Tentunya Kita semua tau bahwa Seorang pemimpin adalah orang yang dapat mempengaruhi orang lain dalam konteks Sosial sebuah Tim atau Organisasi. Nah, yang perlu kita ketahui adalah bahwa setiap orang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin. Untuk menjadi pemimpin, seseorang harus dapat memiliki atau mengembangkan ketrampilan tertentu.

Berikut  ini beberapa jenis ketrampilan yang perlu dikembangkan untuk dapat menjadi seorang pemimpin :
  1. Kreativitas
    Kreativitas dapat diterapkan dalam menemukan sebuah perubahan kecil yang berefek besar sehingga menjadikan sesuatu urusan atau pekerjaan menjadi lebih efisien. Yang perlu menjadi perhatian adalah, Bersikap terbuka untuk berubah adalah merupakan satu keuntungan besar dalam pribadi anda
  2. Otentik
    Jangan pernah berpura-pura dalam hal apapun. Kejujuran harus dapat anda pegang teguh. Gunakanlah kekuatan dan karakteristik kepribadian anda untuk mengembangkan gaya kepemimpinan yang tentunya unik.
  3. Berani Menerima Tantangan
    Kejujuran serta keberanian adalah kunci penting yang akan sangat membantu anda. Anda harus bisa mengatasi rintangan yang menghampiri anda setiap harinya. Ingatlah, seorang pemimpin yang baik harus berani secara terbuka untuk menerima tantangan. Hal ini tentu saja akan menjadi hal yang efektif didalam jalur komunikasi di lingkungan sosial anda.
  4. Bertindak Konsisten
    Tidak semua orang memiliki tutur kata yang selalu baik. Untuk itu, Konsistensi harus menjadi pegangan bagi seorang pemimpin. Jika anda ingin dihormati atau dihargai oleh lingkungan anda, maka harus ada konsistensi antara apa yang anda katakan dan apa yang anda lakukan.
  5. Mempunyai Visi Strategis
    Seorang pemimpin juga harus dapat dengan cepat melihat serta memahami perubahan tren terbaru yang sedang terjadi di lingkungan nya, serta melihat dengan baik peluang-peluang dan mengambil tindakan-tindakan yang cepat namun harus tepat dan berguna untuk lingkungan nya. Semua itu hanya dengan satu tujuan yaitu untuk mengantisipasi kebutuhan lingkungan dimana anda memimpin.
Nah, menurut anda. Apa yang bisa anda lakukan untuk menjadi seorang pemimpin yang lebih baik?
Temukan jawaban anda di lingkungan sosial anda sendiri. Dan terapkanlah seperti apa yang disarankan diatas didalam lingkungan anda, agar anda dapat menjadi Pemimpin yang baik.
Pemimpin sejati adalah mereka yang berada di garis terdepan dengan ide-ide serta strategi yang baru untuk mencapai tujuan yang ber-hasil guna.


Kalo ada yang berminat nambahin, silahkan tambahkan di kolom komentar....

Salam

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik

0 komentar:

Post a Comment