Friday, February 20, 2015

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Kita semua tentunya mengenal tumbuhan ini yang juga merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak diminati serta mudah ditemukan di pasar-pasar baik itu pasar tradisional maupun pasarn modern atau swalayan-swalayan. Labu Siam atau yang juga sering dikenal dengan sebutan labu jepang  memiliki banyak sekali manfaat yang penting  bagi kesehatan kita. Hal tersebut dikarenakan banyak nya kandungan gizi yang bernutrisi tinggi didalamjenis sayur ini.

Biasanya labu siam ini diolah sebagai campuran tumis, gulai atau juga teman bayam di dalam sayur bening. Orang Indonesia mengenalnya sebagai labu siam karena tumbuhan ini didatangkan dari Thailand (dulu dikenal dengan sebutan Siam) oleh penjajah Belanda. Masyarakat Sunda menyebutnya lèjèt sedangkan di kalangan orang Jawa mengenal labu siam ini sebagai jipang atau juga manisa.

Saat ini kita akan sedikit mengulas tentang Beberapa manfaat labu siam bagi kesehatan diantaranya adalah:
  1. Untuk Menurunkan Kolesterol.

    Buah labu siam kaya akan Kalium. Kalium tentunya sangat berguna bagi tubuh dalam mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan, sehingga tubuh akan menjadi lebih segar.
  2. Memperlancar Suplay Energi didalam Tubuh

    Niasin merupakan bagian dari vitamin B kompleks yg disebut sebagai vitamin B3, berfungsi untuk menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dalam hati, sehingga produksi kolesterol LDL (low density lipoprotein) dan trigliserida dapat menurun. Niasin berperan pada reaksi enzimatik di dlm tubuh untuk metabolisme karbohidrat, lemak & protein, yaitu sebagai koenzim I dan koenzim II. Niasin sangat diperlukan agar suplai energi dalam jaringan tubuh berjalan normal. Kekurangan niasin yang parah setelah beberapa bulan akan mengakibatkan pellagra serta dermatitis, yaitu gangguan kulit yang khas dan simetris,terutama di bagian badan yang tidak tertutup seperti tangan, lengan, siku, kaki, kulit, dan leher.
  3. Memperlancar Metabolisme Protein di dalam tubuh

    Labu siam juga kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 punya peran penting dalam metabolisme protein. Vitamin B6 sangat esensial untuk proses transaminasi & deaminasi serta dekarboksilasi asam amino. Kebutuhan per hari mencapai 0,02 mg untuk dewasa; 0,015 mg untuk bayi; 0,2-1,2 untuk anak-anak, dan 1,4-2 mg untuk remaja.

  4. Sangat Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Kandungan asam folat pada buah labu siam juga cukup baik, yaitu 93 mkg per 100 g. Konsumsi 100 gram labu siam cukup untuk memenuhi 23,25% kebutuhan tubuh akan asam folat. Asam folat sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Konsumsi asam folat yg rendah pada ibu hamil berhubungan erat dengan berat bayi lahir yang rendah serta  kejadian neural tube defects (gangguan otak). Defisiensi asam folat ditandai oleh gejala anemia, yaitu jumlah sel butir darah merah berkurang. Kebutuhan asam folat pada orang dewasa adalah 400 mkg per hari. Kebutuhan ini jadi dua kali lipat pada ibu yang sedang hamil, dan bertambah 50% pd ibu sedang menyusui.
  5. Kaya SeratBuah labu siam memiliki kadar serat cukup baik, yaitu 1,7 g per 100 g. Konsumsi serat dalam jumlah yang cukup sangat baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif/radang usus. Serat pangan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna. Serat pangan mampu mengurangi waktu tinggal (transit time) makanan sejak dari rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dlm bentuk feses. Selama tinggal di saluran pencernaan, serat pangan akan mengikat zat-zat karsinogenik (penyebab kanker). Berkat singkatnya transit time sisa makanan di saluran pencernaan, waktu zat karsinogenik bermukim dalam tubuh juga makin pendek, sehingga peluang terjadinya kanker menjadi sangat kecil.
  6. Dapat Memperbaiki Mood

    Kandungan selenium pada labu siam juga cukup baik. Selenium berperan penting untuk memperbaiki mood. Sebuah penelitian di Amerika Serikat (1996) membuktikan bahwa orang yg kadar selenium tubuhnya paling rendah menunjukkan mood yang paling buruk. Konsumsi selenium disarankan sekitar 55-70 mkg perhari.
     
  7. Mencegah Hipertensi.

    tergolong makanan sehat untuk jantung dan pembuluh darah bila mengandung rasio kalium:natrium minimal 5:1. Setiap 100 gram buah labu siam mengandung kalium:natrium dengan perbandingan 62:1. Selain itu, labu siam juga diketahui memiliki efek diuretik, sehingga mampu menurunkan kadar garam di dlm darah melalui pembuangan air seni. Berkurangnya kadar garam yang bersifat menyerap/menahan air ini akan meringankan kerja jantung dalam memompa darah, sehingga tekanan darah akan menurun.
Itulah beberapa manfaat penting dari kandungan Nutrisi didalam buah atau sayur Labu Siam yang tentunya sangat baik bagi kesehatan kita. Dengan mengkonsumsi sayuran ini, kita dapat memenuhi banyak sekali kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita.
Oleh karena itu, mulailah untuk menkonsumsi sayuran ini.
Semoga artikel mengenai Manfaat Labu Siam Bagi kesehatan ini bisa sedikit membantu kita semua dalam menambah ilmu pengetahuan tentang kesehatan alami kita.

Salam

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment