Friday, February 13, 2015

Ciptakan Moment Of Truth

Di sebuah resto di San Francisco, ada seorang konsultan yang sangat heran karena melihat keramaian pada sebuah Chinese Restaurant Lie Po. Akhirnya Dia meluangkan waktu untuk mencoba makan di restoran china tersebut pada suatu siang yang kebetulan ramai sekali.

Pelayan di restoran tersebut dengan ramah melayaninya dengan bahasa Inggris yang masih belum begitu fasih, sang konsultan memesan “Orange Chicken with rice”, dan meminta minuman “Coke Zero”. Pelayan berkata: “Maaf, kami kontrak dengan Pepsi, dan tidak menjual produk Coca Cola. Apakah  dapat kami tawarkan Diet Pepsi?” Sang konsultan menolak, dan meminta air putih saja.

Ketika dia sedang makan, tiba-tiba datang seseorang dengan berpakaian rapi membawa “Coke Zero” dan es batu, dan menaruh didepan pelanggan itu dan berkata sambil tersenyum “Tadi anda menginginkan Coke Zero kan? ” Lalu berlalu.

Sang konsultan meminum minuman tersebut dengan puas lalu memanggil pelayan yang tadi melayaninya. Pelayan datang dan tersenyum melihat Coke Zero ada disana.

Pelayan berkata: “Nah sudah ada minuman kesukaan Bapak kan?”
Pelanggan: “Tadi katanya tidak ada? Ini kok ada?”
Pelayan: “Benar, baru saja kami belikan di pasar swalayan di seberang jalan.”
“Restoran anda lagi ramai, siapa yang membelikan?”

“Manager kami, dia tidak terlalu sibuk dibelakang.”
“Lho, katanya kontrak dengan Pepsi?”
“Ya, kalau menjual Coca-Cola tidak boleh, kalau memberi gratis kepada pelanggan, saya kira boleh.” Jawabnya sambil tersenyum.

*Memberi pelayanan yang baik adalah hal yang umum dan dilakukan oleh kebanyakan perusahaan, memberikan hal yang lebih serta tidak terduga dapat  menjadi salah satu kunci sukses di masa sekarang ini.

Cobalah untuk menciptakan “Moment of Truth”, yang tentu saja dapat memberikan impresi luar biasa, yang juga akan selalu diingat oleh pelanggan anda, agar pelanggan anda tersebut akan tetap menjadi pelanggan setia pada perusahaan anda, dan bahkan mungkin dia akan dapat merekomendasikan produk anda kepada orang lain disekitarnya.

Moment of Truth tidak hanya berlaku pada pelanggan dalam dunia penjualan / marketing saja. Hal yang sama juga dapat diberlakukan dalam sebuah praktek kepemimpinan, Teamwork, ataupun dalam kehidupan sosial kita di masyarakat. Melakukan hal-hal kecil yang lebih menyentuh adalah kesempatan kita untuk mudah diingat, dicinta, dihormati, disayangi dan diikuti oleh orang lain.

Salam sukses bagi anda

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ciptakan Moment Of Truth

0 komentar:

Post a Comment