Tuesday, February 10, 2015

Arti dan Makna Kasih Sayang

Sebentar lagi kita akan merayakan hari Valentine atau yang juga disebut hari kasih sayang yang selalu dirayakan pada setiap tanggal 14 Februari. Yang dimaksud dengan Kasih sayang disini adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau juga perasaan suka kepada seseorang. Apabila suatu hubungan cinta diakhiri dengan sebuah pernikahan maka hal tersebut akan menimbulkan perasaan yang lebih dewasa lagi dan juga menuntut agar sebuah hubungan tersebut lebih bertanggung jawab, perasaan inilah yang disebut dengan kasih sayang.

Kasih Sayang juga meliputi perasaan sayang terhadap Orang Tua, Sesama dan perasaan Sayang terhadap Lingkungan. Berbicara mengenai kasih sayang tentu tak lepas dari cinta. Oleh karena itu, antara cinta, kasih sayang dan kemesraan tak dapat dipisah-pisahkan meskipun memiliki perbedaan pengertian, sebab semuanya saling berkaitan erat.
Yang dimaksud dengan Cinta adalah sebuah perasaan yang dikaruniakan oleh Tuhan pada manusia untuk saling mencintai, saling memiliki, saling memenuhi, saling pengertian. Cinta tidak dapat dipaksakan, cinta juga datang secara tiba-tiba. Cinta memang sangat menyenangkan, tapi kadang juga terasa aneh, karena kepedihan yang ditinggalkan akibat dari cinta ini kadang berlangsung lebih lama dari cinta itu sendiri.
Antara cinta dan benci terdapat batas yang sangat tipis, tapi dengan adanya cinta, dunia yang kita jalani akan terasa lebih indah dan lebih bermakna.

Cinta juga merupakan perasaan seseorang terhadap lawan jenisnya, karena ketertarikan terhadap sesuatu yang dimiliki oleh lawan jenisnya tersebut (misalnya sifat, wajah dan lain-lain). Dengan cinta kita bisa berbagi suka maupun duka dengan orang terdekat kita. Namun dalam menjalin hubungan cinta kita harus bisa saling melengkapi satu sama lain serta dapat menerima pasangan kita apa adanya.

Selain itu, kemesraan juga tak dapat terpisahkan dari kedua hal diatas. Kemesraan berasal dari kata dasar ‘mesra’, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan adalah hubungan akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga.
Kemesraan adalah merupakan perwujudan kasih sayang yang telah mendalam. Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan. Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia. Kemesraan juga dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan bakatnya.

Dengan demikian Kasih sayang dapat diartikan sebagai perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Perasaan cinta dan suka kepada seseorang itu kemudian berkembang dan mengikat sehingga membentuk sebuah 'embrio' yang disebut dengan cinta. Dengan cinta yang sudah terbentuk itu akan menciptakan suatu kemesraan. Kemesraan karena cinta membuat orang semakin saling mencintai dan dicintai. Hingga pada akhirnya dengan adanya perpaduan antara kasih sayang, cinta dan kemesraan tersebut sudah tentu akan menciptakan sebuah keharmonisan dalam kehidupan berumah tangga maupun dalam menjalin hubungan dengan Orang-orang disekitar kita.


Selamat Merayakan Hari Valentine.

Salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Arti dan Makna Kasih Sayang

0 komentar:

Post a Comment