Tuesday, February 3, 2015

Aplikasi Untuk Melindungi Anak Anda di Internet

Di Era digital saat ini, kita banyak mendengar berita tentang banyaknya hal-hal  negatif yang terjadi pada anak-anak dan remaja. Sebagian besar dari kasus-kasus itu bermula dari interaksi mereka di internet. Karena saat ini anak-anak dan remaja sudah semakin banyak menggunakan Smartphone baik yang berbasis iOS maupun Android yang tentunya sangat memudahkan kita semua untuk terhubung ke dunia maya.

Internet sebenarnya jika digunakan dengan sebaik mungkin, maka akan memberikan dampak positif yang luar biasa bagi pendidikan anak-anak dan remaja saat ini. Tapi kenyataan nya banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh sebagian orang dengan tujuan memberikan pengaruh buruk terhadap anak-anak dan remaja. Karena Anak-anak dan remaja adalah pribadi yang masih harus dibimbing dalam memilih mana yang  baik dan mana yang sebaliknya.

Jika Mereka dibiarkan melanglang buana di dunia maya tanpa perhatian / bimbingan orang tua, maka bukan tidak mungkin mereka akan terpengaruh dengan hal-hal negative yang banyak beredar di internet. Untuk itu, ada baiknya jika Anda sebagai orang tua bisa selalu  meluangkan waktu anda dalam menemani anak-anak anda pada saat mereka berselancar di dunia maya ini. Hal ini tentu saja berguna untuk membimbing mereka dalam memilih apa yang mereka lakukan di internet.
Nah, berikut ini ada beberapa aplikasi yang dapat menjadi pertimbangan anda sebagai orang tua dalam mengawasi perilaku anak-anak anda di dalam dunia digital. Dengan aplikasi-aplikasi ini, anda bisa menjaga keamanan buah hati anda saat mereka berselancar di internet.
  1. Norton Family Parental Control (iOS, Android)
    Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk dapat selalu memperhatikan kegiatan anak-anak Anda pada perangkat Android. Aplikasi yang sangat baik untuk melindungi  keamanan Internet yang efektif bagi keluarga anda, yang membantu melindungi anak-anak mereka dari cyberbullying dan konten situs yang tidak layak bagi anak-anak.

    Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk dapat memeriksa situs yang dikunjungi oleh anak-anak anda yang melibatkan mereka dalam percakapan dengan orang lain di dunia maya, sehingga secara tidak langsung Anda dapat memiliki gambaran tentang perilaku online dan kebiasaan mereka.

    Serta Anda dapat memblokir situs-situs yang menurut anda tidak pantas untuk dikunjungi oleh anak-anak anda, mengatur laporan otomatis kepada anda melalui email untuk memberitahu Anda ketika anak-anak anda sedang berupaya untuk melakukan sesuatu yang tidak seharusnya mereka lakukan di dunia maya, serta dapat merekam catatan riwayat kegiatan anak-anak anda selama 90 hari aktivitas mereka di Internet.
  2. Parent Kit (iOS)
    ParentKit memberikan pilihan bagi anda sebagai orangtua untuk mengatur jadwal dan mengontrol perangkat dari anak-anak anda. Dengan begitu, Anda dapat memonitor secara terus menerus perilaku mereka dengan perangkat mereka melalui perangkat Anda sendiri.

    Aplikasi ini memungkinkan Anda memilih apa yang bisa dilakukan oleh anak-anak anda dengan perangkat mereka, kapan mereka boleh menggunakan jaringan di perangkat mereka. Sekalipun anda memiliki beberapa orang anak, anda dapat mengatur untuk mengawasi kegiatan mereka dengan menggunakan perangkat mereka. Sedangkan Anda tidak perlu sama sekali mengutak-ngatik perangkat mereka untuk mencari tau apa yang mereka lakukan dengan perangkat mereka tersebut. Karena Anda cukup mengatur itu semua melalui Perangkat anda sendiri. Setiap perangkat anak-anak anda dapat deprogram dan dikendalikan oleh anda dari jarak jauh sekalipun.
  3. Kids Whatsapp (Android)
    Aplikasi ini Sangat cocok untuk orang tua yang memiliki anak-anak yang aktif sebagai pengguna Whatsapp, seperti mencegah menerima foto atau video yang tidak senonoh pada perangkat mereka.

    Kids Whatsapp akan aktif secara otomatis bila perangkat selular tersebut menerima foto atau video yang tidak pantas, serta langsung menghapus foto dan video tersebut  sehingga tidak dapat dilihat pada Galeri perangkat anak-anak anda.
    Setelah anda mendownload aplikasi ini, aplikasi langsung diaktifasi dan selalu berjalan tanpa terlihat, setiap kali ponsel diaktifkan.
Itulah beberapa aplikasi yang berguna untuk melindungi anak-anak anda dari bahaya penggunaan internet yang tidak terkontrol. Dengan menggunakan aplikasi tersebut diatas, anda bisa leluasa mengontrol kelakuan atau perilaku anak-anak anda dalam interaksi mereka di dunia digital.

Silahkan Anda sebagai orang tua memilih aplikasi mana yang bisa anda gunakan untuk digunakan pada perangkat smartphone anak-anak anda.

Jika anda memiliki referensi aplikasi berguna lainnya untuk mengamankan anak anda di dunia maya, silahkan tambahkan pada kolom komentar…

Salam

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Aplikasi Untuk Melindungi Anak Anda di Internet

0 komentar:

Post a Comment