Friday, January 16, 2015

Makanan untuk Meningkatkan IQ

Dikala semua orang lagi santer mambicarakan tentang Batu Akik saat ini, saya lebih  memilih untuk membahas yang lain nya selain Batu Akik, mengapa ?? Karena Batu Akik tidak dapat menyebabkan kita bertambah pintar.. hehehhe. Mending kita bahas apa yang bisa meningkatkan IQ kita, kecerdasan kita.. gimana ?? setuju ?? yukk marii….

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita tentunya selalu mengkonsumsi makanan. Karena makanan lah yang memberikan kita kekuatan untuk menjalani hidup kita. Kita hidup butuh tenaga bukan ?? kalau kita tidak mengkonsumsi makanan, gimana kita bisa beraktifitas ?? emang robot yang cukup dikasi Batre trus bisa beraktifitas ?? hehehhe… becanda.. kembali ke topik yak..

Setiap Jenis makanan yang kita konsumsi setiap hari tentunya akan memberikan pengaruh tersendiri terhadap tubuh kita misalnya membantu menurunkan berat badan, memperbaiki kualitas tidur, memperbaiki kecantikan pada wanita dan masih banyak lagi pengaruh lain nya. Dengan demikian terbukti kalau makanan memiliki peran besar terhadap kehidupan kita. Bahkan tanpa kita sadari selama ini, ternyata ada juga beberapa jenis makanan yang terbukti dapat sangat berperan dalam meningkatkan Intelligence Quotient (IQ) kita.

Kita bahas dulu sedikit informasi tambahan mengenai IQ, IQ merupakan suatu ukuran kemampuan intelektual, logika, analitis (kemampuan analisa), dan rasio seseorang. Biasanya, IQ cenderung berkaitan dengan kemampuan otak kiri seperti berbicara, menghafal, serta kesadaran akan sesuatu di sekelilingnya dan penguasaan hitung-menghitung (matematika).

Sudah tidak bisa dipungkiri kalau kita tentu menginginkan kalau kita memiliki IQ yang lebih tinggi, Oleh karena itu, Dave Asprey seorang pengusaha teknologi yang juga sekaligus penulis buku The Bulleftproof Diet, telah berhasil mengungkapkan beberapa jenis makanan yang terbukti dapat meningkatkan IQ.
Seperti yang dilansir dari womenshealthmag.com, yang dilakukan oleh Dave Asprey ini bukanlah tanpa alasan, sebab ia telah mendedikasikan 15 tahun hidupnya untuk mempelajari skema biologi tubuhnya sendiri. Bahkan, dia melakukan perjalanan ke tempat yang sangat jauh seperti Tibet, untuk dapat menemukan kearifan dari kesehatan kuno.

Asprey telah berhasil meningkatkan kualitas IQ-nya sebanyak 20 poin sekaligus berhasil menurunkan bobot tubuh nya sebanyak 45 kilogram. Sangat fantastis bukan ?? 15 tahun yang cukup lama tapi tidak sia-sia.
Kesuksesan tersebutlah yang mendorong Asprey semakin giat berusaha untuk mengembangkan temuan yang berpusat pada diet, dan semua hasil penemuan nya tersebut dituangkan dalam sebuah buku barunya. Asprey menyatakan bahwa makan adalah untuk mengisi bahan bakar otak, maka IQ anda akan menjadi lebih seiring berjalan nya waktu.

Adapun beberapa jenis makanan yang menurut Dave Asprey dapat meningkatkan IQ adalah sebagai berikut :
  1. Alpukat dan biji-bijian utuh
    Jenis buah ini tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan, tetapi buah alpukat juga mampu meningkatkan kualitas IQ Anda. Makan-makanan yang tinggi dalam biji-bijian dan buah-buahan seperti alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Karenanya, dapat mengurangi plak dan meningkatkan aliran darah untuk mekasimalkan daya kerja sel-sel otak kita.
  2. Ikan
    Ikan sudah sejak dahulu terkenal berkhasiat meningkatkan kualitas kecerdasan bagi manusia. Ikan mengandung protein yang memiliki dorongan besar bagi otak. Terutama ikan yang mengandung asam lemak omega 3, yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak, biasanya banyak ditemukan pada ikan salmon. Selain itu, ikan juga dapat membantu menguatkan memori atau daya ingat seseorang, terutama bagi para orang yang sudah lanjut usia (lansia).
  3. Kafein
    Jika dikonsumsi dengan teratur serta sesuai takaran nya, maka kafein akan memberikan dampak positif untuk meningkatkan energi dan dapat membantu anda untuk fokus serta berkonsentrasi. Kafein biasanya ditemukan pada kopi, cokelat, minuman berenergi, dan juga beberapa jenis obat-obatan, kafein memberikan efek untuk tetap terjaga, terutama pada malam hari, meskipun efeknya hanya jangka pendek. Dan yang perlu diperhatikan bahwa jangan terlalu banyak dan sering mengonsumsi kafein, sebab dapat membuat jantung berdebar kencang sehingga anda bisa saja merasa tidak nyaman.
  4. Makanan yang kaya akan protein
    Pola makan yang berpotensi untuk membantu perkembangan otak adalah dengan menambahkan protein sehat dalam diet. Protein mengandung asam amino. Sedangkan, tubuh memerlukan asam amino untuk membangun neurotransmitter seperti serotonin dan dopamin di dalam otak. Selain itu, protein juga berfungsi sebagai zat pembangun yang dapat ditemukan pada telur dan daging sapi.
  5. Buah blueberry
    Buah ini tidak hanya enak rasa rasanya, karena pada kenyataan nya buah blueberry juga memberikan manfaat baik bagi perkembangan otak anda. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas dan bahkan mungkin mengurangi efek kondisi yang berkaitan dengan usia seperti penyakit Alzheimer atau demensia.
Nah, itulah beberapa jenis makanan yang telah terbukti dapat meningkatan IQ. Setiap harinya, IQ dapat meningkat dan menurun, tergantung bagaimana rutinitas kita sehari-harinya. Praktis, dengan tingkat IQ yang tinggi, Anda pun dengan mudah dapat memahami pelajaran dan dapat mengatasi kondisi tertentu yang sedang Anda hadapi. Jadi, tinggal bagaimana kita pandai-pandai memilih jenis makanan yang akan kita konsumsi setiap hari nya.. Daripada kita ikut-ikutan mikirin Batu Akik kan ??? hehhehe

Salam


--------------------------------------------------

Baca Juga :

Temuan BPOM RI, 68 jenis Kosmetik berbahaya
Hindari Kosmetik Kadaluarsa
Tips Memilih Kosmetik Sehat
Cara Merawat Kulit sehat secara alami
Cara Mengajarkan Sopan Santun pada anak

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan untuk Meningkatkan IQ

1 komentar:

  1. Ikan sangat baik untuk perkembangan otak terutama ikan laut karena banyak mengandung yodium. Selain itu juga susu cukup baik.

    ReplyDelete