Saturday, January 31, 2015

Belajar Meningkatkan SEO

Lagi ga ada ide buat nulis tentang kecantikan dan kosmetik neh. Tapi sebenernya pengen nulis.

Kali ini mau iseng-iseng nulis artikel tentang SEO aja dulu. Mumpung lagi belajar juga neh, kali aja sobat2 sekalian bisa ikutan bareng-bareng belajar untuk Optimasi SEO. Karena kita semua tentu tau kalau SEO (Search Engine Optimasi) sangat penting bagi perkembangan sebuah blog. Mengapa? Karena memang mesin pencari memberlakukan syarat-syarat tertentu agar blog yang yang kita kembangkan dapat tampil di mesin pencarian. Dan sudah tentu kita semua menginginkan agar Blog Kita bisa tampil di halaman pertama Mesin Pencari. Karena kalau Blog kita muncul di halaman pertama, maka akan semakin besar peluang kita mendapatkan pengunjung blog yang lebih banyak

Pertama-tama kita harus mengenal tentang apa Saja Mesin Pencari Itu?
Yang termasuk dalam Mesin Pencari itu adalah Google, Yahoo, Bing, dan juga Baidu. Dan masih banyak lagi mesin pencarian lain yang tersebar di internet. Tapi tidak sebesar dan terkenal seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Yang terbesar saat ini sih ya mesin pencari Google dong… hehhehe

Pada tulisan kali ini saya mencoba untuk sedikit membahas tentang pentingnya meningkatkan SEO pada sebuah blog. Ya, karena SEO adalah factor penting untuk bisa meningkatkan jumlah pengunjung website atau blog yang sedang kita kembangkan agar bisa menjadi semakin banyak dikenal oleh orang banyak.
Nah, berikut ini adalah beberapa syarat penting dalam  melakukan optimasi SEO.
  • Jangan melakukan Spam
    Spam sangat berpengaruh pada blog yang kita kembangkan. karena spam merupakan salah satu kejahatan internet yang sudah sangat menjamur dan tentu juga sudah sangat sulit untuk diberantas. Tindakan Spam ini adalah kita menanamkan Link situs blog pada situs/website lain. Seperti selengkapnya, seterusnya, baca selanjutnya. Ini adalah penyakit para blogger. Padahal jelas-jelas kalau spam itu sangat dilarang jika kita ingin menambah atau meningkatkan pengunjung blog kita. Pasalnya, spam bisa merusak reputasi website atau blog. Pihak mesin pencari Google sangat membenci situs yang melakukan spam.
  • SEO Onpage dan Offpage yang seimbang atau balance.
    Apa yang disebut offpage adalah ketika blog menanamkan backlink di situs-situs dofollow ataupun nofollow dengan cara mencantumkan link di signature dan lain sebagainya.
    Dan yang disebut dengan onpage adalah ketika kita menanam link terkait pada setiap halaman posting blog/website milik kita sendiri.
    Yang dimaksud dengan Onpage dan Offpage seimbang adalah antara link keluar (dalam blog sendiri) dan link masuk (backlink) pada sebuah blog yang kita kembangkan itu seimbang. Artinya tidak terlalu banyak link keluar dan tidak terlalu sedikit link masuk. Apakah sobat sekalian dapat memahami dengan apa yang saya jelaskan? Kalo belom ya baca lagi.
  • Patuhi Kebijakan dan ketentuan alat pengembangan yang tersedia di Webmaster.
    Sangat jelas bahwa google telah menyediakan alat untuk pengembangan sebuah blog yang kita kelola. Google Webmaster sangat membantu kita sebagai pengembang untuk selalu dapat memperhatikan kualitas setiap blog kita serta pengaruhnya terhadap mesin pencarian yang kita gunakan.
Untuk memiliki Blog atau website yang bagus di mata mesin pencarian Google, kita wajib memperhatikan 3 unsur penting ini :
  1. Apakah Blog / website kita sudah UserFriendly ??
  2. Apakah Blog atau website kita sudah termasuk WebmasterFriendly ??
  3. Serta apakah situs kita tersebut sudah MobileFriendly ??
Ketiga unsur tersebut sangatlah penting untuk diterapkan bagi pemilik blog. Yang artinya adalah kita harus memikirkan sebuah blog yang disukai oleh pengunjung, yang ramah dan cocok oleh webmaster (terutama Google) dan tentunya menggunakan tampilan yang responsive sehingga menjadi ramah terhadap browser apapun saat blog anda dibuka. (browser, smartphone, dan tablet).

Selain ketiga unsur diatas, kita sebagai juga wajib memperhatikan konten yang kita buat untuk di publikasikan pada blog tersebut atau yang juga biasa disebut niche. Mengapa niche itu penting? Agar blog saling terkait satu sama lain sehingga lebih mudah untuk menentukan target pengunjung blog atau website kita.

Meningkatkan SEO memang tergolong gampang-gampang susah sama halnya dengan memilih kosmetik hehhehe, karena kita harus memperhatikan beberapa aturan yang diterapkan oleh mesin pencari yang kita gunakan. Jika semua aturan itu sudah kita terapkan, maka sudah tentu kita akan dapat menikmati peningkatan jumlah pengunjung blog dari hari ke hari. Dan tentunya blog bisa terkenal dengan mudah.

Selamat Mencoba…

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Belajar Meningkatkan SEO

0 komentar:

Post a Comment