Thursday, May 1, 2014

Bambu Menjaga Keseimbangan Ekologi, Fakta membuktikan

Bambu diklasifikasikan sebagai rumput dan mungkin paling berkelanjutan dalam fungsi menjaga keseimbangan ekologi sumber daya alam dunia.
Dikatakan berkelanjutan karena dapat digunakan untuk menggambarkan sistem eksploitasi sumber daya alam tanpa merusak keseimbangan ekologi area tertentu.

Bambu cepat tumbuh laksana rumput dan cepat mencapai kematangan hanya dalam sekitar empat tahun, sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan pepohonan lain nya. Sistem akar yang terus menerus tumbuh dan menghasilkan pertumbuhan baru serta tunas baru. Tumbuh terus-menerus membuat penanaman kembali (Reboisasi) setelah panen menjadi tidah diperlukan. Bambu melakukan ini semua secara alami tanpa bahan kimia, pestisida, herbisida maupun  pupuk.

Sifat-sifat bambu :

alami serta anti-bakteri

"Bertindak terhadap tindakan pencegahan pertumbuhanbakteri, mengurangi dan bahkan membunuh pertumbuhan bakteri."

Anti-jamur

"mencegah atau mengurangi pertumbuhan jamur, dan juga membunuh jamur."

100% Bio plastik ramah lingkungan

Untuk membuat perkebunan bambu tidak dibutuhkan traktor minyak untuk menanam benih dan mengolah tanah. Bambu tidak memerlukan pemeliharaan pertanian karena tumbuh secara alami. pertumbuhan bambu mengurangi efek rumah kaca, karena tanaman bambu menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen.

Bambu dapat membuat 5 kali lebih banyak karbon daripada jumlah yang sama pohon dan 35% lebih banyak oksigen. Bambu alami menyerap 2/3 lebih banyak karbon dioksida dan melepaskan oksigen 2/3 lebih banyak dari tanaman lain.

Kualitas tanah meningkat dan erosi tanah dicegah oleh sistem akar bambu yang berupa akar serabut. Ini membantu mempertahankan lebih banyak air di tanah tanpa harus mengalir ke sungai atau danau. Tanaman bambu mengurangi limbah dan mencegah pencemaran air melalui konsumsi nitrogen yang tinggi.

Menciptakan peningkatan oksigen air dan keseimbangan kelembaban.
Segala sesuatu yang berbahan serat bambu adalah benar-benar komplex dan tidak menyebabkan polusi atau pencemaran pada tanah, hal ini disebabkan oleh organisme mikro dan cahaya alami dari matahari. Ini semua terjadi karena bambu adalah 100% bio plastik ramah lingkungan dan tidak terurai ke segala polusi.

Pertumbuhan bambu yang cepat

Rebung (bambu muda) tumbuh 24 sampai 36 inci pada setiap 24 jam.

Bambu adalah jenis tanaman yang cepat tumbuh dan beberapa jenis bambu dapat tumbuh sampai lebih dari 50cm setiap hari nya. Ada lebih dari 1.200 jenis bambu yang diklasifikasikan. Jenis bambu yang paling banyak dipanen dan digunakan untuk penciptaan produk serat bambu adalah  jenis "Phyllostachys Pubescens" atau "Phyllostachys Heterocycla" atau biasa disebut Moso bambu. (nanti lain kali kita bahas lagi tentang Moso Bambu ini)

Menyembuhkan Alergi

Anda memiliki Alergi?

Pakaian yang dibuat dengan bahan serat bambu adalah jenis Hypo Allergenic.

Bambu alami mengandung gen anti bakteri serat bambu, yang mencegah, membunuh atau mengurangi pertumbuhan bakteri. Tes telah dilakukan oleh para ilmuwan pada efek dari serat bambu. Hasil tes menunjukkan bahwa persentase yang besar dari bakteri yang menginkubasi pada kain bambu berhasil tewas.

Inilah sebabnya mengapa serat bambu adalah bahan yang sempurna untuk membuat handuk, dan pakaian untuk orang dengan alergi. Bakteri tidak dapat hidup dalam lingkungan dan kain yang mengandung serat bambu.

Mengapa memilih serat bambu?

  1. Pakaian dapat diproduksi tanpa bahan kimia tambahan.Tinggi berkilau dan lembut merasakan kain serat bambu dengan sangat halus seperti sutra dan kasmir.
  2. Terjadi secara alami anti statis.
  3. Bambu alami melindungi terhadap sinar matahari yang berbahaya dan adalah tahan UV.
  4. Serat bambu yang secara alami anti jamur, anti bakteri.
  5. Bambu mengandung warna natural yang baik dan tidak luntur.
  6. Serat bambu berpori membuat kain yang seolah-olah bernapas.
  7. Bambu juga memiliki kelembaban alami, kelembaban dari tubuh yang diperlukan dan ditransfer ke permukaan pakaian untuk menguap. Ini membuat tubuh dingin dan kering saat cuaca panas dan pakaian tidak menempel pada kulit.
  8. Memiliki isolator yang sangat baik dan termal mengatur karakteristik yang mempertahankan suhu tubuh tanpa perubahan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bambu Menjaga Keseimbangan Ekologi, Fakta membuktikan

1 komentar: